CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Tuesday, October 18, 2011

The Wedding of My Dreams

Bismillahirrahmanirrahim..

Pesta pernikahan atau biasa juga disebut walimatul ursy adalah jamuan makan yang diadakan setelah dilaksanakannya ijab qobul pernikahan yang bertujuan untuk menyiarkan/mengumumkan kepada masyarakat bahwa 2 insan ini telah resmi menjadi suami istri. Dengan demikian, diharapkan tidak terjadi fitnah bagi keduanya di mata masyarakat. 

Setiap orang berhak memiliki impian pesta pernikahan nya masing-masing. Termasuk aku yang juga punya impian terhadap pesta pernikahanku kelak.. Bukan seperti royal wedding-nya Pangeran William & Kate Middleton. Tidak juga seperti pernikahan putri bungsu Sultan Hamengku Buwono X, Gusti Raden Ajeng Nur Astuti Wijareni  & Achmad Ubaidillah yang sakral dan kental dengan budaya jawa. Sederhana saja.. Pesta pernikahan impianku adalah pernikahan yang :

1. Dilimpahi doa dan restu dari kedua orang tuaku..
Ini WAJIB hukumnya!!! Siapa sih yang pengen menikah tanpa restu orang tua??!! Kenapa ini penting? Karena, seperti pernah aku sebutkan di postingan sebelumnya bahwa Ridha ALLAH terletak pada keridhaan kedua orang tua kita. Dan semoga aku bisa mendapatkannya.. Amin..

2. Tidak membuat pengantin, keluarga, panitia dan para tamu undangannya melalaikan waktu sholat.
Aku sering banget liat orang melaksanakan prosesi pernikahan dijam2 yang bertubrukan dengan waktu solat dan lebih parah lagi, tidak disediakan/tersedia tempat untuk solat di dekat tempat walimatul ursy berlangsung. Contohnya: Resepsi pernikahan di jam 1 siang sampai jam 4 sore. Otomatis pengantin putri sudah di make up sebelum jam 12, artinya belum masuk waktu dzuhur. Mau wudhu setelah di make up, jadi belepotan dong.. Jadi banyak yang merasa menjama' sholat adalah solusinya.. Padahal kita tau, perkara2 apa saja yang mengijinkan kita untuk menjama' solat, yaitu:

  • Musafir, artinya bagi mereka yang sedang bepergian dan mereka kesulitan untuk menjalankan solat selama perjalanan. Jadi seumpama ada orang bepergian jakarta-semarang naik pesawat selama 45 menit dan di bandara ada mushola, ya tidak semestinya menjama' solatnya.. Lha solat tepat waktu aja masih bisa kok.. #Ini menurut pemahaman saya, apabila ada yang berbeda pendapat ya silahkan saja.. 
  • Sakit, dalam hal ini beberapa ulama sependapat bahwa orang yang sedang sakit diperbolehkan menjama’ sholatnya.
  • Seorang yang sedang berhaji disyariatkan untuk menjama` dan meng-qashar shalat zhuhur dan Ashar ketika berada di Arafah dan di Muzdalifah.
  •  Hujan lebat atau banjir yang menyulitkan seorang muslim bolak-balik menjalankan solat tepat pada waktunya.
  • Adanya keperluan darurat yang sangat mendesak dan syar’i, bila ditinggalkan akan mendatangkan mudhorot.
Dari alasan2 tersebut, alasan terakhirlah yang sering dijadikan alasan para pengantin untuk menjama' solatnya. Tapi apa iya, sedemikian mendesaknya alasan kita menjama' solat karena prosesi pernikahan? Bukankah kita masih bisa menata sedemikian rupa jadwal jam prosesi pernikahan kita dan tidak lupa untuk menyediakan jeda waktu untuk solat? make up luntur? siapkan perias stand by untuk memoles wajah kita lagi usai solat.. Beres kan???? Dan jangan lupa.. sediakan ruang untuk solat para tamu.. OK?

3. Tanpa hutang 
Kembali saya ingatkan.. Tujuan walimatul ursy bukanlah untuk bermegah-megahan dan memamerkan kekayaan.. Jadi buat apa kita ngotot bikin pesta pernikahan yang over budget padahal ujung-ujungnya malah membuat pesta kita tersebut gak berkah??? Rugi deh..

4. Tanpa bulu mata palsu
Sebagai wanita, aku tahu dan sangat memahami bahwa setiap pengantin wanita ingin tampil cantik dihari pernikahannya.. Tapi yang harus diingat, halalkah seorang muslimah memakai bulu mata palsu? Aku termasuk orang yang berpendapat bahwa memakai bulu mata palsu itu sama hukumnya dengan menyambung rambut yakni haram. Selain alasan tersebut, aku juga gak betah pake bulu mata palsu.. Gak bisa melek!!! mata terasa berat.. Solusinya adalah lentik alami, caranya:
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E seperti kedelai, brokoli, tomat, dll
  • Gunakan pelumas bulu mata alami, yaitu minyak zaitun. Gunakan setiap malam sebelum tidur untuk merangsang pertumbuhan bulu mata dan menguatkannya.
  • Pakai penjepit bulu mata yang memiliki bantalan karet. Jadi empuk dan tidak merusak bulu mata.
  • Pakai maskara, tapi ingat.. yang halal ya.. Maskara yang halal adalah yang tidak menghalangi air wudhu.
 Hmmm.. apa lagi ya??? Kayaknya cukup ini aja deh pernikahan impianku. Gak muluk-muluk.. Tapi bukan hal yang mudah untuk diwujudkan..Dan endingnya adalah..
Amin ya Rabbal 'alamin..

No comments:

Post a Comment